Pilih Mana Kopi Luwak Arabica or Robusta?

Civet Luwak Coffee buyer from USA - Canada - France - Netherland - Germany - Hongkong - Japan - Taiwan

Monday 25 August 2014

Pilih Mana Kopi Luwak Arabica or Robusta?

Masih bingung mau pilih mana kopi luwak rasa arabica or robusta? bagi pelanggan baru yang masih awam tentu masih dibingungkan dengan istilah kopi arabika dan robusta, padahal keduanya merupakan jenis spesies kopi dengan rasa yang berbeda. Arabika dan robusta telah menjadi selera paling banyak diminati para pecinta kopi kelas dunia meskipun dalam hal ini arabica coffee jauh lebih unggul dibandingkan robusta karena hampir mayoritas penduduk dunia 70% mengkonsumsi kopi jenis arabika, sedangkan 30% lagi lebih memilih robusta.

gambar jual kopi arabica asli luwak bandung 2016
100% arabica coffee



Jual Kopi Luwak Arabika Coffee

Sungguh beruntung jika anda berkunjung ke jalan rama no. 42 cicendo pajajaran bandung sebagai tempat yang menjual kopi luwak rasa arabika coffee. Disini ingin kami tegaskan kepada para pelanggan tercinta bahwa spesies biji kopi yang kami jual adalah 100% arabica luwak asli dengan rasa dan aroma terbaik di kota bandung jawa barat Indonesia. Alasan kami lebih memilih biji kopi jenis arabika tentu karena pertimbangan pasar dengan taraf internantional berdasarkan survei dan analisa. Kami sangat sadar apa yang dicari oleh kebanyakan penikmat kopi dunia lebih berselera pada arabica coffee sesuai dengan data hasil penelitian para ahli coffee maker.

Setelah membaca ulasan kami diatas, bagaimana apakah anda masih bingung untuk memilih antara arabica dan robusta? Pengalaman adalah guru yang paling bijak, dulu saat kami mulai merintias usaha minuman kopi mencoba untuk menyediakan suplai untuk kedua jenis kopi ini yakni arabika dan robusta namun tetap saja kebanyakan pelanggan lebih memilih arabika.


Maaf tanpa bermaksud untuk menjelek jelekan robusta tetapi kami pernah memiliki pengalaman pahit di masa lalu ketika mendapatkan complaint dari client kopi luwak di jakarta yang mengeluhkan rasa kopi robusta tidak bisa tahan lama bahkan berubah jadi apek. Karena alasan itulah kami tidak lagi mensuplai serta menjual varian kopi robusta.


Apa yang kami jual saat ini adalah arabika sesuai dengan selera masyarakat kota bandung, bahkan client kami dari seluruh tanah air juga ternyata lebih menyukai arabica coffee. Dalam hal ini kami tidak berlebihan selain menceritakan realistis selera konsumen.


Perbedaan Arabika dan Robusta Kopi

Supaya lebih memahami perbedaan arbika dan robusta coffee sebaiknya kami sajikan tabelnya langsung supaya bisa dipelajari secara seksama oleh para pembaca. Jika wikipedia hanya memberikan penjelasan tentang sejarah ditemukannnya kopi arabika maka tabel berikut bisa dijadikan acuan dalam mempelajari perbedaan keduanya dari segi kandungan, bentuk biji, temperatur serta tahun ditemukannya. 

Jika arabika lebih terasa manis, lembut dengan rasa yang kuat dan tajam dengan aroma buah buahan setelah di roasted (sangarai) maka biji robusta lebih netral dengan aroma kacang kacangan tapi sayang hingga saat ini pasar belum mampu mensuplai biji kopi robusta yang berkualitas (high quality). Perihal khasiat kopi antara keduanya pun tentu sangat berbeda karena asalnya yang tidak sama.

Tabel sederhana ini berasal dari international coffee organization, data yang diunggah cukup akurat dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selamat membaca semoga kali ini anda sudah mempunyai pilihan pasti dan tidak bingung lagi jika ditanya pilih mana kopi luwak arabica or robusta?

gambar tabel perbedaan kopi arabica vs robusta 2016
tabel detail perbedaan arabika dan robusta kopi bersumber dari international coffee organization


gambar biji kopi arabica vs robusta 2016
perbedaan bentuk biji arabika vs robusta coffee

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pilih Mana Kopi Luwak Arabica or Robusta?