Popularitas Kopi Luwak Indonesia Mendunia

Civet Luwak Coffee buyer from USA - Canada - France - Netherland - Germany - Hongkong - Japan - Taiwan

Saturday 11 January 2014

Popularitas Kopi Luwak Indonesia Mendunia

ketenaran kopi luwak menuai kontroversi dunia
popularitas luwak menuai kontroversi
Sekitar tahun 2000 an kopi luwak indonesia mulai booming banyak dikenal oleh masyarakat indonesia, sebenarnya sudah lama sekali popularitas kopi luwak indonesia mendunia, hanya saja sebelum tahun 2000 an sangat sulit untuk mendapatkannya karena jarangnya ditemukan para penjual dan penangkaran binatang luwak sehingga keberadaannya pun belum setenar sekarang ini.


Indonesia Negara Penghasil Kopi Luwak Terbesar di Dunia

Beberapa negara yang menghasilkan kopi luwak selain indonesia diantaranya adalah Vietnam, Thailand dan Philipina tapi sayang mereka belum mampu memenuhi global marketing dunia untuk permintaan kopi musang ini. Maka tidak heran jika Indonesia selalu identik dengan kopi luwak karena tingkat produksi serta stock yang cukup lumayan, sebenarnya produksi bukanlah soal karena dunia lebih mengenal indonesia dengan cita rasa dan aroma kopi luwak yang paling nikmat khas dan unik. Maka jangan merasa heran jika setiap visitor/ tourist yang singgah ke negara kita akan menanyakan tempat beli kopi nikmat yang berasal dari kotoran binatang luwak ini hanya untuk sekedar mencicipi atau dijadikan bingkisan oleh oleh saat kembali pulang ke negaranya.

Kontroversi

Mungkin sudah menjadi hukum alam, segala sesuatu jika sudah terkenal, tenar dan banyak diminati orang maka sudah pasti akan menuai kontroversi pro dan kontra begitu juga dengan popularitas kopi luwak telah mengalami banyak kontroversi dalam berbagai hal yang melibatkan publik dan pemerintah. Contoh kontroversi lokal tentang hukum kopi luwak haram atau halal sempat menjadi issue yang cukup serius di kalangan masyarakat terutama bagi umat muslim indonesia, pasalnya biji kopi yang dihasilkan berasal dari kotoran binatang musang. Kontroversi ini akhirnya clear setelah keputusan MUI (majelis ulama indonesia) mengeluarkan fatwa halal minum kopi luwak. Belakangan kembali muncul issue international yang kurang sedap terkesan memojokan kopi unik ini yang gencar dihembuskan oleh pihak wartawan BBC soal penyiksaan hewan luwak hal ini tentunya cukup merugikan bangsa indonesia karena akan mendapat kecaman dari para pecinta satwa dunia. Apakah benar hewan luwak mengalami perlakuan keras dan penyiksaan oleh para petani kopi? sepertinya opini bbc cukup tangguh dengan berbagai bukti dan analisa namun anda jangan terpancing dulu karena pada dasarnya hal ini hanya dipicu soal persaingan bisnis kopi dunia saja, karena popularitas indonesia yang semakin naik daun. Sebaiknya anda mengetahui secara detail tentang rahasia pengolahan kopi luwak sehingga bisa menyimpulkan apakah hewan musang benar benar mengalami penyiksaan atau tidak? jika tidak apa yang terjadi dengan BBC apakah benar benar ingin bersaing bisnis kopi dengan indonesia? silahkan anda jawab sendiri. Terlepas dari berbagai issue dan kontroversi tetap saja popularitas dan eksistensi kopi luwak indonesia masih menjadi kopi nomor 1 dunia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Popularitas Kopi Luwak Indonesia Mendunia