7 Spesialti Kopi Indonesia Terbaik

Civet Luwak Coffee buyer from USA - Canada - France - Netherland - Germany - Hongkong - Japan - Taiwan

Thursday 3 October 2013

7 Spesialti Kopi Indonesia Terbaik

7 spesialti kopi indonesia terbaik sungguh luar biasa dan sudah banyak dikenal oleh para penikmat kopi kaliber dunia, sebut saja masyarakat USA, amerika serikat mereka tahu persis daftar nama spesialti kopi indonesia terbaik, popularitas kopi indonesia telah membuktikan betapa hebatnya kualitas kopi indonesia hal ini tentunya menjadikan kebanggaan tersendiri untuk citra dan prestasi produksi kopi di tanah air. Sejauh mana peran pemerintah untuk memfasilitasi para petani kopi? bagaimana dengan perkembangan asosiasi kopi spesialti indonesia? semoga tema ini dapat dijadikan wacana untuk lebih mengembangkan lagi nasib para petani agar mendapatkan perhatian dan fasilitas dari negara.

spesialti kopi terbaik indonesia, kopi luwak indonesia terbaik
Aneka ragam jenis kopi spesialti terbaik dari indonesia

7 Spesialti Kopi Indonesia Terbaik

Dengan itikad mempopulerkan Spesialti Kopi Indonesia Terbaik supaya lebih dikenal oleh pribumi serta menambah wawasan tentang perkopian maka pembahasan kali ini lebih mengarah pada pengetahuan umum yang bersumber dari berbagai referensi. Sangat memalukan tentunya jika orang asing lebih mengetahui kehebatan Spesialti Kopi Indonesia dibandingkan pribumi, sungguh ironis.

1. Kopi Luwak

Saat ini popularitas kopi luwak indonesia sedang menjadi sorotan utama dunia khususnya untuk bidang minuman (baverages & coffee) posisinya masih menduduki peringkat satu dunia karena rasanya yang unik serta produksinya yang kurang lazim. Jika anda tertarik untuk lebih mengenal kopi musang ini silahkan baca beberapa referensi berikut yang mungkin anda butuhkan

2. Kopi Wamena

kopi wamena jaya wijayaDaerah papua tidak hanya terkenal dengan tambang freeport saja namun juga memiliki kekayaan alam yang melimpah, kopi arabika wamena telah menjadi salah satu andalan spesialti kopi papua yang telah mendunia. Penamaan kopi wamena sendiri berasal dari nama sebuah kota mungil yang berlokasi di lembah pegunungan jayawijaya. Jika penasaran ingin mencoba rasanya silahkan cek dulu berapa harga kopi wamena ini.

3. Kopi Lanang

biji kopi lanang, kopi jantan untuk lelaki
bentuk biji kopi bulat tidak terbelah
Lanang berasal dari bahasa jawa yang berarti lelaki, kopi lanang adalah julukan untuk setiap biji kopi dengan bentuk bulat dan tidak terbelah berbeda dengan bentuk kopi pada umumnya. Rasa kopi lanang lebih kuat dan kental karena kadar cafein yang tinggi.  Kopi lanang sangat cocok dikonsumsi oleh pria, katanya kopi ini diyakini dapat meningkatkan 'kejantanan' kaum pria. Wilayah yang banyak memproduksi kopi lanang terletak di jawa timur. Mungkin anda tertarik dan ingin membuktikan
kebenarannnya? silahkan coba beberapa produk kopi lanang di bawah ini
  • kopi lanang banyuwangi
  • kopi lanang malangsari
  • kopi lanang toraja
Harga kopi lanang tentunya lebih mahal karena pengolahannya harus melalui proses yang sedikit rumit yakni seleksi pemisahan antara biji kopi yang terbelah (biasa) dengan biji kopi yang tidak terbelah (monokotil). Bayangkan saja mungkin diantara 1000 biji kopi yang diseleksi hanya akan terdapat 50-100 biji kopi lanang saja.
4. Kopi Java
java kopi, kopi jawa
kemasan java kopi
Java adalah sebutan untuk salah satu nama kopi spesialti terbaik dunia, kata java sudah lazim digunakan oleh orang asing sebagai bahasa internasional yang diambil dari kalimat 'jawa' konon istilah java telah menjadi logat gaul (slang) bahasa inggris yang umum digunakan untuk istilah kopi. Popularitas kopi java mempunyai kaitan erat dengan sejarah penjajahan bangsa indonesia oleh pemerintah kolonial belanda. Karena kepiawaian produksi kopi di tanah jawa mulai dari abad ke 17 hingga sekarang telah melambungkan popularitas kopi java di mata dunia. Keunggulan rasa kopi java terletak pada aroma hutan yang dimilikinya, rasanya manis dan lembut. Beberapa diantara kopi java yang sudah terkenal mocha java, kopi java prime, kopi java preanger, kopi javaco. Kopi java telah menjadi legenda yang memiliki campuran antara mocha java dengan kopi yaman. Sejarah mencatat popularitas kopi java berasal dari jawa berbeda dengan sejarah kopi luwak yang lebih dikenal dunia berasal dari sumatra.
5. Kopi Toraja Kalosi
kopi toraja kalosi,
kopi toraja kalosi kandungan asam rendah
Sesuai dengan namanya kopi toraja berasal dari tanah toraja sulawesi selatan termasuk dalam salah satu kategori spesialti kopi terbaik indonesia. Pada umumnya rasa kopi toraja serupa dengan kopi sulawesi yaitu memiliki rasa khas tanah dan hutan dengan kandungan asam rendah hal ini sangat dipengaruhi oleh proses pemetikan biji kopi  menggunakan teknik tertentu. Ketenaran kopi toraja hampir menyaingi popularitas kopi luwak indonesia, menurut beberapa sumber kopi toraja yang berasal dari daerah kalosi telah dipatenkan produknya di negara jepang dan USA oleh pengusaha lokal sehingga distribusi kopi toraja ke luar negeri harus menempuh jalur perusahaan lokal tersebut. Kopi toraja terbaik dan paling terkenal di sulawesi adalah kopi toraja kalosi bahkan jenis kopi ini telah tercatat pada situs besasr seperti wikipedia.
6. Kopi Sumatera

kopi sumatera, kopi luwak sumatera
Yang menjadi ciri khas kopi sumatera antara lain adalah memiliki aroma kakako, tembakau rasanya lembut serta agak asam, bagi para penikmat kopi senior kopi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, adapun beberapa nama kopi sumatera yang sudah populer ialah kopi madailing (mandheling) kopi lintong dan kopi gayo. Eksistensi kopi sumatera sudah cukup lama terkenal bahkan dalam film 'the bucket list' diceritakan bahwa kopi luwak berasal dari sumatera.

 

7. Kopi Kintamani Bali
kopi kintamani bali, kopi unik bali
kintamani kopi bali unik
Kopi Kintamani bali termasuk kopi yang unik karena memiliki proses pengolahan memakai sistem subak abian yakni mendorong pengolahan kopi secara organik, walhasil biji kopi yang dihasilkan benar - benar sempurna menyajikan rasa yang manis juga lembut. Para pengusaha kopi bali cukup merasa beruntung karena pulau dewata ini selalu ramai dijadikan sebagai objek wisata bagi para tourist/pendatang asing. Salah satu yang paling banyak dicari oleh pelancong bule di kota bali ialah kopi luwak kintamani bali. Keunikan kopi bali ditunjang oleh CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Developpement) atau pusat kerja sama penelitian pertanian untuk pembangunan internasional (perancis) yang telah mengeluarkan sertifikat resmi dengan label kopi unik bali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Spesialti Kopi Indonesia Terbaik